Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)

Nov 07, 2012 by

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh SMP Presiden dan dilaksanakan oleh bagian kesiswaan SMP Presiden pada tanggal 2 – 3 November 2012 dengan lokasi di SMP Presiden, Jababeka dan Taman Botanical Jababeka.
Kegiatan LDKS merupakan pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan, pengorganisasian dan perencanaan program kegiatan serta evaluasi kegiatan. pelatihan ini merupakan kegiatan untuk mempersiapkan pengurus osis yang akan dilantik tahun 2012. Pada LDKS tahun 2012 ini diikuti oleh 21 peserta, dimana sebagian besar pesertanya berasal dari kelas 8 dan 7. Tujuan dari pelatihan dasar kepemimpinan ini adalah mempersiapkan kader-kader pengurus OSIS baru untuk menjadi calon pengurus baru OSIS yang mampu menjadi pemimpin organisasi tersebut beserta unit-unitnya.
Kegiatan LDKS dilakukan didalam ruangan dan diluar ruangan dengan memberikan materi-materi dasar kepemimpinan.
Materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut diantaranya adalah :
1. Teori Dasar Berorganisasi (Basic Theory to Organize)
2. Dasar-dasar Kepemimpinan (Fundamentals of Leadership)
3. Teknik Komunikasi (communication techniques)
4. Public Speaking
5. Pembuatan program kerja dan Rencana Aksi (Preparation of work program and Action Plan)
6. Membangun Kerjasama Tim (Team Work Building)
7. Testimoni Alumni
8. Paktek Lapangan
9. Games

Pada sesi terakhir dilakukan permainan yang menuntut tingkat keberanian dan kesiapan mental siswa, proses ini terdiri dai 3 tahapan atau pos. Sebelum proses ini dilakukan terlebih dahulu diadakan testimoni dari kaka alumni, pada acara testimoni ini diceritakan tentang bagaimana pengalamanan berorganisasi, pentingnya LDKS, disiplin dan kemandirian. Selanjutnya seluruh peserta diberikan waktu istirahat kurang lebih 2 s/d 3 jam. Tepat pukul 00.00 Wib seluruh siswa diwajibkan berkumpul dilapangan upacara, pada proses ini kaka alumni bertugas menguji kesiapan mental dari masing-masing peserta sebelum pemberangkatan ke lokasi tujuan yaitu taman Botanical Jababeka.
Pada pengujian ini setiap peserta harus menyelesaikan tugas pada masing-masing pos. Pos pertama setiap peserta wajib mengucapkan janji siswa dan kode kehormatan siswa dan diulang pada tempat yang telah ditentukan yang disertai dengan gangguan-gangguan yang sengaja dibuat oleh panitia. Disini dapat dilihat peserta mana yang mudah terganggu konsentrasinya.
Pada pos kedua setiap peserta wajib membaca teks yang telah disediakan dan mengitari tempat sesuai dengan ketentuan.
Pada pos ketiga setiap peserta wajib mengambil pinnya masing-masing dalam sebuah wadah yang telah diisi berbagai binatang melata. Pada pengujian ini peserta dituntut keberanian dan akal sehat serta mengikuti petunjuk instrukturnya. Banyak peserta yang merasa ragu dan takut pada pengujian ini, namun akhirnya semua peserta dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.
acara kemudian berakhir pukul 05.15.

Sebagian besar peserta menyatakan puas dan senang bisa mengikuti kegiatan ini. Diakhir sesi para kaka alumni dan panitia, guru serta pimpinan SMP Presiden mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan LDKS Tahun 2012.

Artikel

One Response to “Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)”

  1. Didi says:

    Thank you for your comment, we will consider

Leave a Reply