Manfaat SMP Berasrama bagi Anak

May 09, 2012 by

Sekolah merupakan tempat atau sarana untuk belajar dan mendapatkan pengakuan akademis secara formal. Setiap anak mulai jenjang pendidikannya dari TK, SD, SMP, SMA, dan kemudian universitas atau perguruan tinggi.  SD merupakan jenjang pendidikan yang paling lama dibandingkan dengan jenjang pendidikan lainnya, dimana jenjang SD yang harus ditempuh secara formal adalah selama 6 tahun. Kemudian siswa dapat melanjutkanya ke jenjang pendidikan SMP.

Dalam perubahan status pelajar dari siswa SD menjadi siswa SMP mengharuskan siswa untuk dapat beradaptasi dengan baik, tidak hanya jenjang SMP hanya tiga tahun, tapi juga pelajaran yang diberikan memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan pelajaran yang telah diterima SD. Hal ini dikarenakan di SMP pelajar akan mempelajari pelajaran lebih detail dan mendalam dibandingkan ketika mereka di SD.

Pada umumnya, pandangan masyarakat sekolah adalah hanya tempat menimba ilmu, siswa/i datang ­­­di pagi hari dan pulang ke rumah pada siang atau sore hari. Sekolah adalah sekolah, tempat menimba ilmu, dan rumah adalah rumah – tempat dimana siswa/i kembali setelah menimba ilmu di sekolah.

Berbeda dengan pandangan diatas, sekolah tidak hanya tempat menimba ilmu dimana siswa/i datang pagi hari dan pulang pada siang atau sore hari, sekarang telah banyak sekolah yang juga menyediakan fasilitas asrama. Seperti fasilitas-fasilitas lain yang dimiliki oleh sebuah sekolah, fasilitas asrama ini juga ditujukan untuk mendukung siswa/i untuk lebih fokus dalam belajar.

Sekolah dengan fasilitas asrama seringkali disebut ‘Sekolah Berasrama’. Sekolah berasrama ini dapat memudahkan bagi para siswa/i untuk belajar, mereka juga bisa lebih mudah untuk belajar bersama dengan para siswa/i lain yang juga berada dalam asrama.

Selain itu, bagi para siswa/i yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya juga ada kemudahan lain yang biasanya menjadi alasan utama untuk memilih sekolah berasrama selain karena kualitas sekolah yang bagus, yaitu macet yang tidak harus dihadapi dalam perjalanan menuju sekolah atau ketika siswa/i tersebut pulang ke rumah. Salah satu sekolah berasrama yang menjadi pilihan bagi para orang tua dan siswa/i adalah SMP Presiden.

SMP Presiden adalah salah satu sekolah berasrama yang berlokasi di Kota Jababeka, Cikarang Baru, Bekasi. SMP Presiden mewajibkan bagi para siswa/i-nya untuk tinggal asrama. Hal ini ditujukan agar para siswa/i dapat lebih fokus dalam belajar di SMP Presiden.

Artikel

32 Responses to “Manfaat SMP Berasrama bagi Anak”

  1. Piet Lomena says:

    Mohon informasi ttg biaya Asrama SMP President. Terima kasih.

    • Didi says:

      Untuk biaya asrama per bulan sebesar Rp. 2.000.000,-, biaya tersebut sudah termasuk :
      1. Makan 3 x Sehari
      2. Laundry
      3. Kesehatan (rawat jalan)

      Demikian Terima kasih.

      Didi Juardi

  2. Motivasiku says:

    Keren,
    kalau boleh usul agar ditampilkan pula dokumentasi prestasi yang pernah dihasilkan sekolah ini.
    Jika perlu di homepage agar eye catching :)

  3. rosita says:

    mohon informasi pensyaratannya pak Didi
    bisakah menerima pindahan dr smp lain, anak saya sudah
    kls 7 di smp swasta katholik
    ditunggu infonya ya pak
    thanks

  4. Mengapa Orang Tua Menyekolahkan Anaknya di SMP Berasrama? | Bobo: Teman Bermain dan Belajar says:

    [...] orang tua yang menyekolahkan anaknya di SMP yang menawarkan asrama atau pendeknya SMP berasrama. Apakah alasan mereka memasukkan anak mereka ke sekolah [...]

  5. p.gultom says:

    kapan.jadwal penerimaan siswanya pak? dan kapan mulai start belajar. apakah anak tiap minggu dapat diambil keluarga(hari jumat dan dikembalikan hari Minggu sore)

  6. Jean says:

    kl utk SD gk ad yh pak?

  7. yekti rahardian says:

    selain biaya asrama yang 2 juta, bagaimana dengan biaya pendidikannya? apakah sudah termasuk ?

    • Didi says:

      Biaya Pendidikan untuk Tahun Ajaran 2014 – 2015 sebesar Rp.2.100.000/bulan atau Rp. 25.200.000/tahun biay tersebut sudah mencakup keseluruhan biaya pendidikan selama 1 tahun kecuali biaya live in.

  8. Datin says:

    Ada SMA-nya? Kalo ada, ada kayak penjurusan gitu gak?

  9. siti says:

    kami tinggal di Cikarang, kalau anak kami sekolah disana tp tdak ikut tinggal di asrama, apakah bisa?

  10. kristin says:

    ini khusus khusus kristen/katholik aja atau smua agama dlm 1 asrama??

  11. Belajar asuransi bersama Meloni | Memilihkan SMP untuk Anak says:

    […] sendiri tertarik karena kualitas sekolah itu memang terjamin, anda bisa bertanya soal ketersediaan dormitory smp. Bagus jika sekolah itu ternyata […]

  12. Ami Lingga says:

    Di SMP President, anak2 utk kurikulum memakai nasional atau luar ? Utk subject agama, itu agama apa ya ? Utk asrama apkh di campur laki2 dan perempuan (1 gedung) ?

    • Didi says:

      Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Nasional, Semua agama antara lain : Islam, Katolik, Protestan, Hindu dan Budha. Semua ada guru agamanya masing-masing,
      Asrama putri dan putra dipisah

  13. savira says:

    SMP Pressident apakah menerima anak2 ingklusi juga ?

  14. Tenangapa.com says:

    Wah di videonya ada anak bulenya juga, untuk jam sekolahnya apakah sama dengan pada umumnya ya?

  15. sisi says:

    jadi jumblah biayanya perbelan semuanya 5jtan ya??

    • Didi says:

      Tidak sebesar itu, kalau dirata-ratakan tanpa uang dimuka jatuhnya Rp. 4.200.000,-/bulan untuk siswa berasrama. Untuk siswa non asrama sebesar Rp. 2.100.000,- demikian terima kasih

  16. frans mandacan says:

    apakah Anak kita dari papua Bisa masuk di sini tlg di info balik….

Leave a Reply