Alasan Memilih SMP Boarding School (SMP Berasrama)

May 01, 2012 by

Jarak yang jauh antara lokasi sekolah dengan tempat tinggal menjadi salah satu kendala bagi siswa untuk belajar dapat secara efektif. Di Jakarta dan daerah sekitarnya, kemacetan merupakan hal yang paling sering ditemui setiap harinya, terutama di pagi dan sore hari. Pada pagi hari, tidak hanya siswa yang akan berangkat sekolah, tapi juga para pekerja juga akan pergi bekerja – terlebih bagi para pekerja yang lokasi kantor dan tempat tinggal jauh.

Para pelajar yang tinggal jauh dari sekolah harus berangkat lebih awal agar tidak terlambat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dan juga untuk menghindari kemacetan di pagi hari. Pada siang hari ataupun sore hari, ketika para pelajar yang hendak pulang ke rumah, juga perlu menghadapi kemacetan di jalan.

Kemacetan tidak hanya menghabiskan tenaga untuk menunggu hingga lalu lintas menjadi lancar, tapi juga menyita waktu bagi yang korban macet ini – waktu yang sebenarnya dapat digunakan untuk melakukan hal lain pun, hanya bisa digunakan untuk menunggu agar bisa terbebas dari kondisi macet tersebut.

Bagi para pelajar, terutama siswa SMP, yang perlu beradaptasi dengan transisi cara belajar dari SD ke SMP waktu adalah suatu hal yang penting. Pemilihan SMP dengan lokasi tidak strategis dari tempat tinggal dapat menjadi kendala siswa untuk beradaptasi. Selain lokasi, kualitas dari SMP tersebut perlu diteliti.

Salah satu solusi yang tepat adalah para pelajar tersebut masuk ke dalam SMP Berasrama (SMP Boarding School). Dalam SMP berasrama mereka tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menghadapi macet, yang sebenarnya dapat digunakan untuk menjadi waktu belajar dan bersosialisasi dengan teman-teman sebaya. Para pelajar juga dapat belajar bersama lebih intensif dibandingkan dengan jika kondisi sekolah jauh dari lokasi tempat tinggal.

Tidak hanya dari sudut siswa, para orang tua juga merasa tenang dengan menyekolahkan anaknya di SMP berasrama karena anak mereka yang akan lebih fokus belajar dibandingkan menghabiskan waktu untuk menghadapi kemacetan baik di ketika berangkat sekolah ataupun pulang sekolah yang dapat menyita tenaga lebih dan mengurangi konsentrasi dan tenaga anaknya untuk belajar di sekolah dan di rumah.

SMP Presiden menjadi pilihan banyak orang tua murid, tidak hanya karena metode pengajaran yang digunakan, tetapi juga karena SMP Presiden memiliki fasilitas asrama, di mana para siswa tinggal bersama, dan mereka bisa menjadi lebih fokus dalam belajarnya dan dalam kegiatan sosialisasi dengan teman-temannya.

Artikel

2 Responses to “Alasan Memilih SMP Boarding School (SMP Berasrama)”

  1. Fasilitas SMP Presiden | Belajar Buka Bisnis Rental Mobil says:

    [...] Berhubung tempat tinggal kami cukup jauh dengan SMP Presiden, untunglah ada asrama SMP President. Para siswa termasuk adik saya bisa terlatih untuk lebih mandiri di [...]

  2. Mengapa pilih Boarding School ? | SMP Islam Cendekia Cianjur says:

    […] juga boleh kok ngelanjuting ke SMP boarding school buat menghindari macet Contohnya nih di asrama SMP President, kamu akan tinggal di asrama dengan teman-teman sekelas kamu. Asyik bukan? Disamping itu, kamu juga […]